#CustomSearch1 { top: 20px; left: 50%; }
Sabtu, 31 Maret 2012

Merangkai Huruf Hijaiyah: Mengajak Anak Belajar Serasa Bermain

Bagaimana mengajarkan huruf hijaiyah kepada anak dengan cara yang menyenangkan ? Salah satunya adalah menggunakan edu-game  yang bernama “Merangkai Huruf Hijaiyah”. Game berbasis perograman flash ini akan membantu anak-anak untuk lebih peka mengenali huruf-huruf hijaiyah. Game ini juga memberikan tantangan yang mengasyikkan dengan adanya batas waktu untuk penyelesaian setiap soal.

Game sederhana ini akan menampilkan sebuah kata berbahasa arab, pemain diminta untuk memilih huruf hijaiyah dari huruf-huruf yang telah disambung. Pemain diharuskan menempatkan urutan huruf sesuai kata yang diberikan. Jika terjadi kesalahan penempatan huruf, maka software tersebut akan memberikan konfirmasi untuk melakukan perbaikan.
Edu-game ini mengajak anak-anak untuk mengenali huruf-hurf hijaiyah dari rangkaian huruf hijaiyah yang telah tersambung. Dengan demikian sangat cocok untuk anak atau remaja yang sedang belajar membaca dan menulis huruf-huruf hijaiyah secara menyambung. Juga bagi tua atau peminat yang baru belajar membaca dan nulis huruf Arab. Jelasnya, belajar huruf hijaiyah secara happy and fun, serta interaktif .

Download Merangkai Huruf Hijaiyah (Sekitar 3,97 MB)

Arabic Pad 1.03 : Cara Mudah Mengetik Huruf Arab Tanpa OS Windows Arabic

Deskripsi:
Arabic Pad 1. 03 adalah sebuah aplikasi editor teks sederhana mirip Notepad yang difungsikan untuk menuliskan karakter huruf Arab, terutama bagi komputer berbasis Windows non-Arabic. Dengan demikian jika komputer anda tidak terinstall sistem operasi Windows Arabic, anda tidak perlu lagi khawatir tidak bisa menulis huruf-huruf Arab. Menariknya, program yang dibuat oleh Ebta Setiawan ini bersifat freeware sehingga anda bisa menggunakannya secara gratis.
Dalam versi ini, Arabic Pad 1.03 bukan hanya bermanfaat untuk menuliskan karakter huruf Arab. Namun juga bisa digunakan untuk menuliskan huruf Jawi yaitu huruf Arab yang telah disesuaikan sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk menuliskan kata-kata dalam Bahasa Melayu. Huruf Jawi ini telah dikenal sejak lama dikawasan Indonesia dan Malaysia. Naskah-naskah kesusasteraan Melayu banyak yang ditulis dengan menggunakan huruf Jawi. Demikian juga sejumlah kitab yang ada di Pondok Pesantren di Jawa, Sunda, Lombok, dan wilayah lainnya. Di Pulau Jawa, huruf Jawi ini disebut dengan nama huruf Arab Pegon.

 

iB Game : Game Islami Mengenal Produk Bank Syari’ah untuk Anak-anak

Bagaimana cara termudah memperkenalkan bank syari’ah kepada anak-anak seusia SD dan SLTP? Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia (BI) punya solusinya. Sebuah permainan simulasi komputer yang diberi nama iB Game telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.  Aplikasi game berbasis pemrograman flash ini sengaja dirancang untuk menumbuhkan minat, kecintaan, dan pemahaman anak-anak (dan juga orang dewasa tentunya) terhadap lembaga keuangan syariah, terutama perbankan syari’ah. Meskipun demikian game ini menarik juga untuk penikmat game berusia dewasa yang ingin memperdalam pengetahuan tentang produk perbankan Syariah.
Dalam iB Game yang merupakan kependekan dari Islamic Bank Game tersebut anak anda akan berperan sebagai seorang iB Banker (pegawai bank Islam) yang bertugas untuk mengatasi dan membantu permasalahan keuangan penduduk iB City dengan iB Smart Solution. Pemain bisa memilih untuk menjadi karakter perempuan (bernama Aibi) atau karakter pria (bernama Ibe).
Game bertema simulasi dan petualangan ini memiliki tantangan yang cukup menarik. Pemain dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah bank. Pada setiap pelayanan yang diberikan kepada nasabah, pemain akan mendapatkan sejumlah poin. Dengan prestasi mengumpulkan 100 poin akan mengantarkan pemain untuk menjadi seorang CEO sebuah Bank Syariah. Selain mendapatkan tambahan poin, pemain juga bertambah wawasannya mengenai iB dan produk perbankan syariah.
Tantangannya untuk menjadi CEO dalam iB Game tentu tidak mudah, player harus berpacu dengan waktu berdurasi 10 menit. Rentang waktu 10 menit ini rasanya terlalu singkat jika pemin juga harus memahami sejumlah wawasan tentang produk bank Syariah yang menjadi tujuan pembuatan game ini sekaligus mengumpulkan 100 poin dengan secepat-cepatnya. Belum lagi harus berhadapan dengan resiko bertemu dengan lintah darat yang sekali waktu bisa mengancam nyawa. Lintah darat dalam game ini digambarkan berujud binatang. Tentu saja ini merupakan sebuah peringatan bahwa perilaku lintah darat yang menghalalkan riba merupakan sebuah bentuk penindasan terhadap nilai kemanusiaan, dalam hal ini lebih dekat kepada perilaku binatang. Namun iB Banker tidak perlu khawatir, ada serbuk ajaib yang bisa digunakan untuk mengusir binatang lintah darat ini. Serbuk itu bisa didapatkan secara gratis atau dengan jalan membeli.
Selamat bermain iB Game dan pupuklah kecintaan terhadap ekonomi Syariah !!!


System Requirements:
Windows XP, Windows Vista, Windows 7
Pentium 4 or above
512 MB RAM
Harddisk 100MB free memory or more
Display 16-bit colour dept, 800×600 resolution
Built-in Soundcard

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut